Cara mengatasi dan membasmi rayap secara alami di rumah

By blog sederhana on 01.17

Filed Under: ,

Cara mengatasi dan membasmi rayap secara alami di rumah - Cara mengatasi dan membasmi rayap secara alami di rumah – rayap adalah binatang kecil yang keberadaannya sangat mengganggu di rumah kita, bila rumah terserang rayap maka bangunan rumah dari kayu ataupun perabot rumah yang dari kayu akan terancam. Bahkan bangunan rumah kita yang sebagai penupang pondasi rumah bisa roboh dimakan binatang kecil sayu ini. Karena rayap mudah sekali berkembang biak, sekali berkembang biak bisa ribuan bahkan puluhan ribu rayap kecil, bila tidak segera diatasi maka akan sangat membahayakan.
Kali ini kita akan membahas bagaimana mengatasi dan membasmi rayap di rumah anda. Yang kita bahas kali ini ada 2 cara, cara dari bahan-bahan alami dan bahan siap saji di toko.
Kita mulai mebahas pembasmian rayap Dengan bahan-bahan yang ada disekitar rumah anda:

1.       Air cucian beras
Air cucian beras sangat bermanfaat dalam mengusir rayap, caranya sangat mudah banget. Cukup siramkan air cucian beras tersebut pada daerah yang dihinggapi rayap, usahakan terkena rayapnya karena rayap bila terkena air cucian beras tersebut akan mengalami keracunan yang secara perlahan akan mati. Siramkan air cucian beras tersebut secara merata di area rayap dan sisa-sisanya siramkan pada tanah disekeliling rumah anda, karena disitulah biasanya koloni rayap bersembunyi.

2.       Campuran air kapur sirih
Cara membuatnya cukup mudah hanya dengan air panas campurkan dengan kapur sirih (gunakan air panas agar kapur sirih mudah larut) lalu campur lagi dengan air dingin biar tidak kepanasan dalam mengaplikasiannya. Agar lebih mudah tempatkan air  kapur sirih tersebut pada semprotan / spray, semprotkan cmapuran air kapur sirih tersebut pada rayap, dengan segera rayap akan mati karena air kapur sirih sangat panas bila terkena tubuh rayap. Cari rayap-rayap disekitar rumah anda sampai benar-benar hilang.

3.       Air tembakau
Air tembakau juga sangat ampuh dalam membasmi rayap dirumah anda, caranya cukup rendam tembakau dalam air selama kurang lebih satu hari agar sari-sari dalam tembakau tersebut keluar dan tercampur dalam air, lalu gunakan semprotan dan semprotkan ke area rayap ataupun rayapnya sekaligus, siramkan juga ke tanah sekitar rumah agar rumah kita bebas dari rayap.

4.       Minyak tanah
Kalau bahan yang satu ini memang paling efektif mengusir semua jenis serangga, baik semut, kecoa, nyamuk bahkan rayap juga. Cara menggunakannya cukup semprotkan ke area rayap ataup siramkan langsung ke area rayap. Tapi bahan ini kurang alami karena ruangan akan bau minyak tanah semua dan sangat rawan buat anak kecil bila dipegang ataupun kena makanan-makanan yang ada disekitar.


Itulah bahan-bahan alami yang ada disekitar kita yang dapat mengusir rayap di rumah kita, bab kedua yang akan kita membahas cara mengusir rayap dengan  bahan siap saji atau obat rayap buatan pabrik.

1.       Obat rayap cair / spray


Obat rayap cair ini sangat efektif membasmi rayap, cara menggunakannya pun cukup mudah, sama seperti bahan-bahan alami tadi yang ada diatas. Cukup sempotkan rayap akan mati seketika. Tapi kurang efektifnya adalah karakter obat rayap tersebut hanya membunuh rayap yang kelihatan saja, biasanya tidak bisa membunuh rayap-rayap yang ada didalam tanah, padahal disana adalah tempat ratu rayap bersembunyi.


2.       Obat rayap bubuk  serbuk



Inilah obat rayap yang menurut saya paling efektif membasmi rayap sampai tuntas ke sarangnya. Cara penggunaannya pun cukup mudah, cukup  taburkan di area rayap sampai merata setiap 1-2 meter, tunggu beberapa hari rayap akan hilang dari rumah kita, lho kok bisa?? Ya sistemnya adalah bubuk tersebut adalah umpan beracun yang membuat rayap akan mati, bubuk tersebut sangat disukai sekali oleh rayap. Rayap pasti akan memakannya, dan sifat rayap yang berkoloni seperti semut pasti akan membagi-bagikan serbuk tersebut ke koloni-koloninya didalam sarangnya. Dengan mudah rayap beserta koloni-koloninya akan mati dengan cepat. Kenapa saya ngomong gitu, karena saya orang yang termask menggunakannya dan berhasil. Sekedar rekomendasi saja saya menggunakan bubuk terdis pembasmi rayap, waktu itu saya membelinya online di website resminya terdis.com harganyapun waktu itu cukup murah, kalau tidak salah 150.000 isi 2 botol, itu sudah gratis masker dan kaos tangan. Sampai-sampai saya setelah memakai terdis tersebut saya rekomendasikan ke tetangga-tetangga saya dan Alhamdulillah semua tetangga-tetangga saya juga cocok dalam pembasmian rayap di rumahnya.


3.       Obat rayap berupa umpan


Obat rayap jenis ini juga sangat efektif sekali, tapi cara menggunakannya menurut saya kurang mudah alias agak sulit untuk orang awam, karena kita harus menempelkan ke jalur rayap satu persatu dan juga memasang disekitar rumah kita dengan pengecekan secara berkala. Dan juga soal hargapun mahal sekali, satu titik saja antara 300-700 ribu rupiah, bayangkan saja bila rumah kita ada 5 titik, sudah berapa juta uang yang kita keluarkan??


Artikel Yang Berhubungan



0 komentar for this post

Posting Komentar

cari lainnya :